Soal EFI

 SOAL ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI)


1. Keuntungan sistem EFI dibandingkan dengan karburator adalah ...

    A.  Pemakaian bahan bakar lebih efisien

    B.  Pemakaian bahan bakar lebih irit

    C.  Sistem EFI tidak perlu perawatan

    D.  Pembakaran lebih sempurna

    E.  Campuran bahan bakar lebih sempurna


2. Campuran bahan bakar dan udara pada sistem EFI terjadi pada ...

    A.  Saluran isap

    B.  Saluran by pass

    C.  Ruang bakar

    D.  Filter udara

    E.  Ruang silinder


3.  Katup isap pada sistem EFI berfungsi untuk ....

    A.  Mengatur pemasukan udara

    B.  Mengatur pemasukan bahan bakar

    C.  Mengatur pemasukan bahan bakar dan udara

    D.  Mengatur jumlah udara

    E.  Mengatur jumlah bahan bakar


4.  Air flow pada sistem EFI tipe "L-Type" berfungsi ...

    A.  Mengatur temperatur udara yang masuk melalui intake manifold

    B.  Mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold

    C.  Mengukur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan

    D.  Mengatur arus yang mengalir ke ECU

    E.  Mengukur temperatur kerja mesin


5.  Manifold absolute pressure sensor berfungsi ....

    A.  Mendeteksi kerja engine temperature sensor

    B.  Mendeteksi kerja air temperature sensor

    C.  Mendeteksi tekanan intake manifold

    D.  Mendeteksi tekanan air pendingin

    E.  Mendeteksi tekanan bahan bakar


6.  Komponen yang mendeteksi jumlah udara masuk melalui intake manifold pada mesin EFI   

     tipe "D" adalah ....

    A.  Air Valve

    B.  Air chamber

    C.  Air flow meter

    D.  throttle position sensor

    E.  Manifold absolute pressure sensor


7.  Air temperature sensor (THA) berfungsi untuk ....

    A.  Mengontrol jumlah udara yang masuk dan mendeteksi throttle valve

    B.  Mendeteksi temperature udara yang masuk dengan thermistor dan diubah kedalam signal 

         tegangan dan di kirim ke ECU

    C.  Mendeteksi temperature pendingin dengan sebuah thermistor dan diubah ke dalam signal 

         tegangan dan dikirim ke ECU.

    D.  Mendeteksi jumlah udara yang masuk melalui intake manifold

    E.  Mengalirkan udara ke intake chamber


8.  Untuk mencegah campuran yang berlebihan, lamanya waktu injeksi dikontrol oleh ...

    A.  Cold start injector

    B.  Injector time switch

    C.  Air valve

    D.  Auxiliary air valve

    E.  Intake air temperature sensor


9.  Komponen yang mengontrol jumlah udara yang masuk dan mendeteksi posisi throttle valve 

    serta merubah menjadi signal tegangan ke ECU adalah ....

    A.  Selenoid resister

    B.  Throttle position sensor (IDL/PSW)

    C.  Air valve

    D.  Air induction system

    E.  Manifold pressure sensor


10.  Gambar dibawah ini adalah grafik hubungan antara temperature dan tahanan thermistor. 

       Apabila thermistor mendeteksi mesin bekerja temperature kerjanya, maka tahanan thermistor 

      yang benar akan berada pada ....

    A. 100Ω– 300Ω

    B.  10Ω– 30Ω

    C.  0,5 kΩ – 1 kΩ

    D.  100kΩ– 300kΩ

    E.  1kΩ - 3 kΩ


11. Apabila merujuk pada grafik lambda sensor dibawah dan saat bekerja menunjukkan tegangan 

      sebesar 800mV. Kondisi menunjukkan ....





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

teknik otomotif

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.