PEMERIKSAAN KOMPONEN UTAMA ENGINE
TUNE-UP
SISTEM PENDINGINAN
PERIKSA TINGGI AIR PENDINGIN
Jika tinggi air kurang isi hingga garis FULL pada tangki cadangan (reservoir tank).
Gambar 1. Pemeriksaan Tinggi Air Pendingin |
PERIKSA AIR PENDINGIN
Periksa air pendingin kemungkinan terdapat oli, karat atau kotoran.
Gambar 2. Pemeriksaan Air Pendingin |
PERIKSA SISTEM PENDINGINAN
Periksa kemungkinan terdapat :
1. Kerusakan atau berubahnya bentuk dari radiator atau slang.
2. Klem slang longgar.
3. Kerusakan atau berkaratnya kisi-kisi radiator.
4. Kebocoran pompa air, inti radiator (core) atau longgarnya sumbat penguras air.
Gambar 3. Pemeriksaan Sistem Pendinginan |
PERIKSA CARA KERJA TUTUP RADIATOR
Dengan menggunakan alat test tutup radiator, periksa tegangan pegas dan kedudukan katup vakum dari tutup radiator. Tutup harus diganti, jika tutup membuka pada tekanan di bawah angka spesifikasi atau jika tutup rusak.
Tekanan pembuka katup :
STD : 0,75 -1,05 kg/cm2
Limit : 0,6 kg/cm2
Gambar 4. Pemeriksaan Cara Kerja Tutup Radiator |
TALI KIPAS
PEMERIKSAAN SECARA VISUAL
Periksa tali kipas kemungkinan :
1. Retak, berubah bentuk, terlalu kencang atau aus.
2. Terkena oli atau gemuk.
Gambar 5. Pemeriksaan Tali Kipas Secara Visual |
3. Persinggungan yang tidak sempurna antara tali dan puli.
PERIKSA & STEL KEKENCANGAN TALI KIPAS
Dengan kekuatan tekanan 10 kg, tekan tali pada tempat-tempat seperti pada gambar. Tali harus menunjukkan kekencangan spesifikasi.
Lenturan tali kipas pada tekanan 10 kg :
Selain 5 K Pompa Air - Alternator : 7 - 11 mm
Engkol - Kompresor : 11 - 14 mm
Mesin 5 K Pompa Air - Alternator : 7 - 11 mm
Engkol - Kompresor : 12 - 16 mm
Dengan menggunakan alat penekan tali kipas, setel harga berikut :
Tegangan tali kipas :
Baru 125 ± 25 Lbs
Lama 80 ± 20 Lbs
Sangat bermanfaat pak
BalasHapus