Pemeriksaan Komponen Utama Engine

PEMERIKSAAN KOMPONEN UTAMA ENGINE

TUNE-UP

SISTEM PENDINGINAN

PERIKSA TINGGI AIR PENDINGIN

Jika tinggi air kurang isi hingga garis FULL pada tangki cadangan (reservoir tank).

Gambar 1. Pemeriksaan Tinggi Air Pendingin


PERIKSA AIR PENDINGIN

Periksa air pendingin kemungkinan terdapat oli, karat atau kotoran.

Gambar 2. Pemeriksaan Air Pendingin


PERIKSA SISTEM PENDINGINAN

Periksa kemungkinan terdapat :

1. Kerusakan atau berubahnya bentuk dari radiator atau slang.

2. Klem slang longgar.

3. Kerusakan atau berkaratnya kisi-kisi radiator.

4. Kebocoran pompa air, inti radiator (core) atau longgarnya sumbat penguras air.

Gambar 3. Pemeriksaan Sistem Pendinginan


PERIKSA CARA KERJA TUTUP RADIATOR

Dengan menggunakan alat test tutup radiator, periksa tegangan pegas dan kedudukan katup vakum dari tutup radiator. Tutup harus diganti, jika tutup membuka pada tekanan di bawah angka spesifikasi atau jika tutup rusak.

Tekanan pembuka katup :

STD : 0,75 -1,05 kg/cm2

Limit : 0,6 kg/cm2

Gambar 4. Pemeriksaan Cara Kerja Tutup Radiator


TALI KIPAS

PEMERIKSAAN SECARA VISUAL

Periksa tali kipas kemungkinan :

1. Retak, berubah bentuk, terlalu kencang atau aus.

2. Terkena oli atau gemuk.

Gambar 5. Pemeriksaan Tali Kipas Secara Visual

3. Persinggungan yang tidak sempurna antara tali dan puli.





PERIKSA & STEL KEKENCANGAN TALI KIPAS

Dengan kekuatan tekanan 10 kg, tekan tali pada tempat-tempat seperti pada gambar. Tali harus menunjukkan kekencangan spesifikasi.

Lenturan tali kipas pada tekanan 10 kg :

Selain 5 K     Pompa Air - Alternator : 7 - 11 mm

                      Engkol - Kompresor : 11 - 14 mm

Mesin 5 K     Pompa Air - Alternator : 7 - 11 mm

                      Engkol - Kompresor : 12 - 16 mm




Dengan menggunakan alat penekan tali kipas, setel harga berikut :

Tegangan tali kipas :

Baru    125 ± 25 Lbs

Lama    80 ± 20 Lbs








Share:

1 komentar:

teknik otomotif

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.