Pemeriksaan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional/ Karburator

 PEMERIKSAAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KONVENSIONAL/ KARBURATOR

 

1. Pemeriksaan katup sistem cuk manual.

    a. Katup cuk harus tertutup penuh pada saat tombol cuk ditarik penuh.

    b. Katup cuk harus terbuka penuh waktu tombol cuk dikembalikan penuh.

2. Pemeriksaan sistem pemutus cuk

    a. Hidupkan mesin

    b. Lepaskan selang vakum dari membran dan periksa bahwa linkage cuk kembali

    c. Pasang kembali selang vakum pada membran

Gambar1. Pemeriksaan sistem pemutus cuk
3. Pemeriksaan sistem cuk otomatis.

    a. Lepaskan konektor karburator

    b. Ukurlah tahanan antara rumah koil  dengan dari konektor karburator dan masa. Spesifikasi                    tahanan : 17 19 Ω pada 20˚ C.

    c. Hidupkan mesin

    d. Beberapa saat kemudian, periksa bahwa katup cuk mulai membuka dan rumah cuk panas.

    e. Matikan mesin.

Gambar 2. Pemeriksaan sistem cuk otomatis

4. Pemeriksaan pompa percepatan

    Buka katup gas dan periksa bahwa bensin keluar dari nosel akselerasi.

Gambar 3. Pemeriksaan pompa percepatan

5. Pemeriksaan dashpot

    a. Setelah mesin dipanaskan, lepas selang vakum dari membran dan sumbatlah ujung selang vakum.

    b. Stel putaran mesin pada 3000 rpm.

    c. Lepas pedal gas

    d. Periksa putaran penyetelan dashpot (2.000 ± 200 rpm)

    e. Stel dashpot dengan cara memutar sekrup penyetel dashpot. Penyetelan dilakukan dalam 

       keadaan kipas pendingin dimatikan.

Gambar 4. Pemeriksaan Dashpot

6. Pemeriksaan putaran idel cepat

    a. Panaskan mesin hingga mencapai temperatur kerja

    b. Pasanglah tachometer pada mesin.

    c. Hentikan kerja cam breaker dengan cara melepas selang vakum dari cam breaker dan sumbat   

        ujung selang.

    d. Stel cam idel cepat dengan cara : menahan katup gas sedikit terbuka, tarik fast idle cam ke atas 

        dan kembalikan katup gas pada posisi semula sambil menempatkan tuas throttle di atas step 

        ketiga dari cam.

Gambar 5. Penyetelan cam idel cepat
    e. Apabila kecepatan idel cepat tidak sesuai spesifikasi stel kecepatan idel tinggi dengan memutar 

        sekrup penyetel idel cepat.

    f. Periksa kembali bahwa putaran mesin kembali ke kecepatan idle setelah pedal gas ditekan sedikit.

    g. Hubungkan kembali selang vakum.

 

 

 

 

 

 





 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

teknik otomotif

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.